Gejala Alergi Susu Sapi Pada Bayi 1 Bulan

Gejala Alergi Susu Sapi Pada Bayi 1 Bulan

Asupan nutrisi sangat dibutuhkan bagi tumbuh kembang bayi. Biasanya banyak orang tua yang sudah memberikan susu sapi pada bayi usia 1 bulan demi pemenuh asupan. Namun, tidak semua bayi ‘selamat’ mengonsumsi susu tersebut. Sebab bayi bisa memunculkan reaksi alergi yang perlu orang tua waspadai. Berikut gejala alergi susu sapi pada bayi 1 bulan.

Beberapa Gejala Alergi Susu Sapi Pada Bayi 1 Bulan

Alergi susu sapi berhubungan dengan sistem imun bayi. Saat sistem imunnya tidak berfungsi normal, maka akan sulit mengenali mana zat yang berbahaya dan mana yang tidak. Sehingga, kandungan protein yang ada dalam susu sapi teridentifikasi sebagai zat yang membahayakan bagi tubuh bayi. Oleh sebab itu, timbul reaksi alergi karena tubuh tidak bisa menerimanya.

Pemicu dari ketiaknormalan sistem imun cukup beragam. Beberapa di antaranya yaitu faktor genetik, lingkungan sekitar bayi yang tidak sehat, udara sekitar bayi yang penuh polusi misal asap rokok, dan terpapar makanan yang memicu alergi. Lalu bagaimana gejala yang ditunjukkan oleh bayi usia 1 bulan?

Gejalanya terbagi menjadi dua yaitu gejala yang langsung muncul dan gejala yang munculnya lambat. Seringnya, gejala yang lambat akan terjadi 1 atau 2 hari setelah gejala awal muncul. Berikut beberapa gejala yang cepat kemunculannya:

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Sakit perut
  4. Sesak napas
  5. Muncul ruam merah pada wajah
  6. Pipi bengkak
  7. Kulit terasa gatal

Sedangkan gejala yang lambat kemunculannya antara lain:

  1. Terhambatnya pertumbuhan bayi
  2. Menurunnya berat badan
  3. Muncul penyakit kulit, biasanya eksim
  4. Berkurangnya nafsu makan
  5. Sering menangis dan rewel
  6. Diare
  7. Hidung yang meler
  8. Batuk
  9. Mata yang sering berair
  • Nyeri pada bagian perut dan biasanya disertai kram

Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Bayi 1 Bulan

Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memberikan asupan ASI ekslusif. Dengan mendapat asupan ASI yang cukup maka risiko terkena alergi dapat diturunkan. Selain itu, segera periksakan bayi Anda ke dokter. Sebab, ada serangkaian tindakan yang harus dilakukan oleh dokter. Setelah terdiagnosis secara pasti, barulah akan diberikan resep untuk meredakan alergi susu sapi.

Apakah bayi masih boleh mengonsumsi susu formula? Tetap boleh, asalkan tidak mengandung bahan susu sapi. Anda bisa menggantinya dengan jenis susu lain. Beberapa contoh susu yang aman yaitu susu formula asam amino, susu soya atau kedelai, dan susu beras.

Dengan mengetahui gejala alergi susu sapi pada bayi 1 bulan, Anda jadi lebih waspada bukan? Tingkatan alergi yang dialami bayi bisa saja rendah, sedang dan tinggi. Agar dapat memastikannya, Anda harus mengunjungi dokter. Sebagai pertolongan pertama, pastikan bayi mendapat asupan ASI yang cukup. Selain itu, pijatan area perut dan badan bayi menggunakan minyak hangat untuk menenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *