Beberapa Hal yang Bisa Kamu Pakai Sebagai Tanda Ganti Oli Mobil

Beberapa Hal yang Bisa Kamu Pakai Sebagai Tanda Ganti Oli Mobil

Memiliki mobil pribadi berarti memiliki tanggung jawab untuk merawatnya. Ada banyak sekali komponen yang perlu diperhatikan agar kondisinya tetap terjaga dengan baik. Dari sekian banyak komponen, salah satu hal yang masih sering disepelekan adalah ganti oli mobil. Pada umumnya, ada tiga macam oli yang perlu kamu ketahui, yaitu oli mesin, gardan, dan transmisi. Dari ketiga macam oli tersebut, jenis yang harus sering diganti adalah oli mesin.

Perbedaan waktu mengganti oli didasari oleh beban kerja yang dilakukan masing-masing oli. Oli mesin perlu diganti lebih sering karena melakukan pekerjaan yang lebih berat jika dibandingkan dengan jenis oli yang lain. Menurut buku petunjuk yang diberikan, oli bisa kamu ganti setelah mobil melewati jarak tempuh sejauh 10.000 km.

Atau, kamu juga bisa mengganti oli selama enam bulan sekali. Akan tetapi, hal tersebut hanya sesuai ketika mobil digunakan untuk jalan normal. Jika mobil sering dipakai di jalanan menanjak, macet, atau kondisi lain, tentu saja ganti oli tidak bisa mengikuti aturan di buku petunjuk.

Tanda Mengganti Oli

Seperti yang telah dijelaskan, kamu tidak bisa hanya mengandalkan petunjuk yang ada di buku. Kamu bisa melihat tanda-tanda berikut ini untuk mengetahui kapan oli perlu diganti.

  1. Kualitas

Oli dipakai sebagai pelumas komponen mobil. Karena tugas itulah, biasanya oli yang baik memiliki tampilan yang jernih, berwarna pekat, dan lengket. Nah, kalau oli yang ada di mobilmu sudah memiliki tampilan yang berlawanan, maka itu saatnya bagimu untuk mengganti oli mobil. Oli mobil yang berwarna keruh akan mempengaruhi kualitas fungsi yang dimiliki.

  1. Performa

Berhubungan dengan poin sebelumnya, kamu akan merasa bahwa performa dari mesin mobil akan terasa lebih berat. Hal itu disebabkan karena oli mobil tidak berfungsi secara maksimal. Gesekan antar mesin dalam mobil akan mempengaruhi performa kendaraan secara keseluruhan. Getaran mesin ketika dipakai akan mengalami peningkatan juga. Tentu saja kondisi tersebut akan membuat pengendara merasa tidak nyaman ketika memakai mobil untuk bepergian.

  1. Suara

Meski tak dilihat langsung, sebenarnya kondisi oli mobil yang perlu diganti juga bisa dikenali dengan mendengarkan suara mesin. Ketika mesin dinyalakan, jika suaranya nyaring, maka bisa dipastikan kondisi oli sudah mulai memburuk. Suara kasar yang ditimbulkan dari mesin menjadi tanda bahwa kamu harus mengganti oli mobil dengan segera.

  1. Kartu

Biasanya, bengkel yang baik akan memberikan sebuah kartu sebagai penanda kapan waktu berikutnya kamu harus mengganti oli mobil. Nah, kamu bisa menggunakan kartu tersebut untuk mengganti oli mobil. Akan tetapi, tentu saja kartu penanda tersebut hanya bisa berlaku ketika jalanan yang dilalui mobil normal. Maksudnya, ketika mobil sering dibawa melaju di jalanan naik-turun atau ketika mobil sering dipakai di jalanan yang macet, maka akan lebih baik jika kamu mengganti oli mobil sebelum jatuh tempo waktu penggantian berikutnya.

  1. Indikator

Seiring dengan berjalannya waktu yang dilengkapi dengan berbagai macam teknologi, beberapa mobil sudah mengaplikasikan sebuah indikator petunjuk kualitas oli dalam mobil. Jadi, ketika lampu indikator petunjuk tersebut menyala, maka itulah saatnya bagimu untuk segera mengganti oli mobil. Akan tetapi, jangan kaget bila mesin mati secara tiba-tiba ketika kamu mengabaikan tanda dari lampu indikator tersebut. Matinya mesin dilakukan agar kondisi mobil tidak semakin parah. Kamu perlu mengganti oli tidak lama setelah lampu indikator menyala.

Itulah beberapa tanda yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui kapan sebaiknya mengganti oli mobil. Nah, kalau kamu masih merasa kesulitan, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan ke montir.id. Jika kamu mengakses laman tersebut, kamu akan menemukan banyak sekali kemudahan. Kamu bisa melakukan konsultasi, mendapat layanan servis, mengganti komponen mobil yang rusak, dan lain sebagainya.

Karena kualitasnya yang sudah pasti terjamin, kamu juga bisa mendapat keuntungan berupa garansi, lho. Jika masih ada pertanyaan atau hal lain yang membuatmu bingung, kamu bisa menghubungi nomor yang terpasang di laman tersebut. Kalau tidak ingin menelepon, kamu juga bisa memulai percakapan di ruang obrolan yang sudah tersedia dalam laman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *