Aturan Mengenai Bayi Memakai Masker Yang Disarankan

Aturan Mengenai Bayi Memakai Masker Yang Disarankan

Corona merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus COVID-19. Virus ini dapat menular melalui udara. Dimana penularan virus ini begitu cepat seperti virus flu pada umumnya. Berbeda dengan flu yang dapat sembuh 2 hingga 4 hari saja, penyakit Corona tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Penyakit ini akan menginfeksi saluran pernapasan dan akan menyebabkan kematian pada orang yang memiliki imunitas rendah. Sebab itu, ada baiknya menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit ini.

Penyakit Corona merupakan penyakit yang masuk kedalam pandemic. Dimana penyakit tersebut ditetapkan sebagai wabah nasional yang membutuhkan penanganan yang serius. Pemberlakuan pembatasan bergerak dan sosialisasi dilakukan untuk menekan arus peningkatan pasien kasus ini. Hingga saat ini, penyakit Corona masih belum hilang dan menjadi pandemic. Sebab itu, diberlakukan beberapa protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat keluar dari rumah, sering mencuci tangan hingga pembatasan jarak antara individu satu dengan lainnya.

Penggunaan masker saat keluar rumah berlaku bagi siapapun tanpa pandang hulu. Pertanyaanya, apakah bayi memakai masker diperbolehkan? Menurut WHO, ada baiknya anak dibawah 5 tahun tidak menggunakan masker. Hal tersebut dikarenakan sistem pernapasan mereka akan terganggu dimana mereka masih rentan terhadap berbagai hal tersebut. Sistem pernapasan anak akan terganggu dan memudahkan anak tersedak ketika menggunakan masker saat keluar rumah. Lalu, bagaimana sebaiknya ketika anak akan keluar rumah? Anak dapat menggunakan masker ketika keluar rumah namun tidak disarankan digunakan terus. Apabila anak dirasa sanggup menggunakan masker maka anda dapat memberikan masker tersebut kepada anak.

Pemberian masker kepada anak juga mempertimbangkan kesehatan anak. Pemberian masker kepada anak dianjurkan untuk anak yang menderita penyakit tertentu. Hal tersebut dilakukan dengan saran dari dokter yang menangani mereka untuk keamanan mereka. Bayi memakai masker tidak disarankan. Sehingga ketika anda memiliki bayi yang mengidap penyakit tertentu, maka ada baiknya anda menjaga bayi anda dalam rumah. Bayi memakai masker akan mengganggu sistem pernapasan mereka, apabila salah dalam memberikan masker maka bayi tersebut akan mengalami gangguan pernapasan yang mengakibatkan kematian. Maka ada baiknya mengkonsultasikan bayi memakai masker kepada dokter anak yang ahli dalam bidangnya.

Daripada memberikan bayi memakai masker, maka ada baiknya anda tetap menjaga bayi anda dalam rumah saja. Tetapi, ketika urgent maka anda dapat membawa bayi anda keluar rumah dengan memberikan perlindungan pada kereta dorongnya. Bayi memakai masker tidak diperbolehkan, maka anda dapat memberikan bayi anda tirai atau penutup pada kereta dorongnya yang masih memudahkan ruang pernapasan bagi bayi. Jika anda menggendong bayi anda, maka anda dapat menghadapkan bayi anda kepada anda atau memberikan mereka pelindung. Apabila bayi anda sudah cukup besar, maka anda dapat memberikan anak anda face shield yang akan melindungi muka bayi anda dan masih dapat bernapas.

Ada baiknya anda tidak membiarkan bayi memakai masker. Bila ada kebutuhan khusus yang mengharuskan bayi anda menggunakan masker, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter. Pemberian face shield, penutup pada kereta dorong hingga menggendong menghadap anda dapat dilakukan sebagai pengganti bayi memakai masker. Pemberian masker akan menyusahkan bayi dalam bernapas. Selain itu, bayi memakai masker juga akan mempengaruhi keadaan psikologisnya selama menggunakan masker tersebut. Maka sebab itu, jika tidak terlalu penting ada baiknya berdiam diri dalam rumah saja bersama bayi anda.